Is It All Because of Karma?



Nggak bermaksud melankolis atau apa, tapi gue emang ngerasa belakangan ini, kesialan lagi betah bersemayam di diri gue. Bukan berarti gue merutuki nasib atau nggak suka sama kehidupan gue. Gue suka banget. Terutama karena temen-temen gue di SMA yang nggak pernah absen buat bikin gue ketawa tiap hari. Love you guys^^

Tapi tetep, gue ngerasa kesialan selalu ngedatengin gue. Kesialan besar, kesialan kecil. Keberuntungan yang nggak dateng-dateng. Harapan-harapan yang kayaknya susah banget buat terkabul. Sesuatu yang terjadi di luar rencana.

Gue coba telaah, gue coba liat ke belakang. Apakah gue ternyata punya salah dulu? Yang bikin hidup gue kayak sekarang? Dan kayaknya gue tau apa penyebab hidup gue kayak gini.

Karma…

Dulu, waktu gue kelas 8, gue punya cowok, namanya, yah, anggep aja namanya Irul. Kita Cuma jadian selama kurang lebih 6 bulan.

Waktu itu gue belom tau apa-apa tentang perasaan cowok. Gue nggak bisa bedain mana cowok yang lagi kesel, mana cowok yang lagi pengen diperhatiin, gue nggak ngerti. Dulu gue terlalu cuek buat peduli sama hal-hal kayak gitu. Malah cendenrung bodo amat.

Setelah 6 bulan jadian, gue minta putus. Waktu dia tanya kenapa, gue jawab “Bosen”.

Yah, kalian boleh bilang gue tolol atau nggak punya perasaan. Terserah. tapi sekarang gue ngerti perasaan cowok. Gue ngerti kalo cowok juga bisa sakit hati. Sekarang pandangan gue ke cowok udah berubah. Mungkin karena gue semakin dewasa. Bukan lagi anak SMP yang mutusin pacarnya dengan alasan “Bosen”.

Di situlah letak kesalahan gue, penyebab kesialan-kesialan gue itu diri gue sendiri.

Setelah bilang bosen, gue nggak ada perasaan menyesal atau apa. Gue biasa aja. Tapi terus dia bilang,

“Lo cewek terjahat yang pernah gue kenal. Lo udah bikin gue sakit hati. Lo bakal tanggung akibatnya. Lo nggak bakal bahagia!”

Kata-kata itu bikin gue mikir, gue salah ya? Gua nggak boleh ya bilang begitu? Dia beneran sakit hati sama gue? Tapi setan-setan yang ada di kepala gue bilang “Ya elaaaah, itu cuma gertakan doang. Nggak usah dipikirin”.

Dan setan-setan itu menang. Gue nggak minta maaf. Sama sekali. Setiap ketemu, kita kayak nggak saling kenal. Bagi gue dia nggak keliatan, bagi dia gue nggak ada. Sampe lulus-lulusan. Setelah itu kita lost contact.

Sekarang gue sadar kesalahan gue waktu itu berdampak ke kehidupan gue sekarang. Gue cerita ke kakak sepupu gue, gue disuruh minta maaf. Sedangkan sekarang gue sama dia udah lost contact. Gue nggak tau dia sekolah di mana. Gue nggak tau gimana caranya biar gue bisa minta maaf.

Mungkin asumsi gue kalo apa yang kejadian di diri gue sekarang beneran gara-gara kesalahan gue yang itu terlalu berlebihan. Tapi terlepas dari itu semua, gue tetep harus minta maaf. Who knows what will happen after that? Siapa tau setelah gue minta maaf, Dewi Fortuna bersedia jadi sahabat gue lagi.